Tips

Inilah 8 Tips Membawa Drone & Li-Po Baterai di Dalam Pesawat

Seiring semakin populernya drone, peminatnya pun kian bertambah luas. Kini bukan hanya kalangan professional saja tetapi kalangan masyarakat biasa pun mulai menggandrungi drone. Hal ini bisa jadi karena teknologi drone yang semakin canggih untuk membuat sebuah karya.

Di balik kehebatan teknologi yang ditawarkan oleh perusahaan pembuat drone, tentu harus ada tanggung jawab yang dipegang oleh masing-masing pengguna drone yaitu tentang keselamatan bersama.

Pemerintah Indonesia tidak mau kecolongan dengan membiarkan hal serupa terjadi maka lewat Permenhub No.90 tahun 2015 dan 180 tahun 2015, pemerintah mengatur penggunaan drone di seluruh kawasan Indonesia.

Amankah Membawa Drone saat Travelling?
Dengan adanya regulasi pemerintah soal penggunaan drone, kamu tentunya akan lebih berhati-hati dalam menggunakan drone-mu dan lebih dalam mempelajari aturan keamanannya. Termasuk jika kamu ingin membawa drone-mu travelling.

Butuh pertimbangan dan persiapan khusus dalam membawa drone untuk travelling, terutama jika kamu ingin berpergian dengan menggunakan pesawat.

Sebenarnya, hal yang menjadi kekhawatiran saat membawa drone travelling adalah bahaya yang disebabkan baterainya. Walaupun baterai itu sudah mempunyai sistem keamanan sendiri tetap saja tidak akan dapat mengurangi resiko kecelakaan. Untuk itulah, penting bagimu untuk melakukan persiapan yang sangat khusus.

Membawa baterai LiPo dalam Pesawat

Inilah 8 Tips Membawa baterai LiPo dalam Pesawat
Produsen drone seperti DJI mengunakan baterai jenis LiPo yang dapat menyimpan daya yang cukup besar tetapi bobotnya cukup ringan dibawa. Baterai ini juga dapat memuai jika mendapat tekanan udara yang terlalu besar.

Hal ini menyebabkan daya yang ada didalamnya akan meningkat terus-menerus hingga akan melebihi batas maksimalnya dan akhirnya akan muncul ledakan dari baterai tersebut. Oleh karena itu, beberapa maskapai memberlakukan aturan ketat untuk barang-barang yang dapat menimbulkan ledakan seperti baterai LiPo.

Namun, hal ini bukan berarti baterai LiPo tidak aman untuk dibawa travelling dengan pesawat. Hanya saja kamu harus lebih jeli dalam cara penyimpanannya agar dapat meminimalisasi terjadinya insiden ledakan saat baterai dibawa terbang.

1. Pastikan Daya Baterai Tidak Lebih dari 30%
Selalu pastikan bahwa daya baterai LiPo yang kamu bawa tidak lebih dari 30%. Angka ini merupakan ambang batas untuk menjaga keamanan baterai sekaligus menjadi standar prosedur penyimpanan baterai jika tidak digunakan dalam waktu lama.

2. Jangan Membawa Baterai Lama Atau Rusak
Baterai lama yang kami maksudkan adalah baterai yang sudah terlalu sering diisi ulang dan digunakan. Membawa baterai jenis ini dalam penerbangan tidak kami sarankan karena sering dijumpai tanda-tanda kerusakan. Baterai LiPo memang selalu ada umur penggunaannya. Baterai yang sudah lama memiliki potensi bahaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan baterai normal. Salah satu tanda baterai yang sudah lama ditandai dengan dayanya yang tidak lebih dari 80% ketika diisi sampai penuh.

3. Gunakan Tas Khusus Baterai LiPo
Ini hukumnya wajib. Karena tas khusus baterai LiPo ini dapat meningkatkan keamanan dan menurunkan resiko kerusakan pada baterai.

4. Lepaskan Baterai Drone dari Aircraft
Ini penting dilakukan untuk menghindarkan adanya konslet atau kerusakan lainnya.

5. Pastikan Drone dan Remot dalam Keadaan Mati
Ini juga penting dilakukan untuk memastikan tidak adanya gangguan kelistrikan pada baterai

6. Pastikan Baterai Drone Terpisah
Pisahkan baterai satu dengan lainnya untuk menghindari adanya benturan saat dibawa travelling.

7. Taruh baterai di Tempat yang Mudah Diawasi
Perlakukanlah baterai drone-mu layakknya sebuah barang berharga. Simpan di tempat yang mudah kamu awasi dan jangkau karena kamu adalah orang pertama yang harus tahu jika ada masalah yang terjadi padanya.

8. Bawa Baterai Drone-mu ke Dalam Kabin Pesawat
Hal ini memang kadang agak susah dilakukan karena kamu harus mendapat izin untuk membawa drone mu ke dalam kabin. Salah satu penyebabnya karena ukuran tas yang dianggap terlalu besar. Namun, sebisa mungkin kamu tetap harus meletakkannya di tempat yang aman dan mudah dijangkau.

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *