Berita

Inilah Drone Perdana Buatan Xiaomi

Drone XiaomiSeperti yang diwartakan sebelumnya, Xiaomi disebut akan segera meluncurkan drone pertama besutannya yang diberi nama Mi Drone. Akhirnya, perusahaan asal Tiongkok tersebut resmi memperkenalkan drone pada publik beberapa waktu lalu.

Xiaomi Mi Drone merupakan qudcopter yang dilengkapi tiga sumbu, kamera 4K, dan kontroler yang dapat dilengkapi dengan smartphone Xiaomi sebagai pencari gambar.

Sama seperti produk besutan Xiaomi lainnya, pesawat nirawak ini juga dibanderol dengan harga terjangkau.

Dilansir laman The Verge, drone dengan dukungan perekaman video 4K ini memiliki harga 2.999 yuan (Rp 6,2 juta), sementara drone versi 1080 p dihargai 2.499 yuan (Rp 5,18 juta).

Drone besutan Xiaomi tersebut juga memiliki keuntungan dari sisi kemudahan modul, sebab beberapa modul di Mi Drone dapat dilepas-pasang. Kamera dan baling-baling merupakan contoh modul drone yang mudah diganti.

Mi Drone dipersenjatai baterai berkapasitas 5.100mAh yang juga dapat dilepas. Xiaomi mengklaim, kapasitas tersebut dapat membawa Mi Drone terbang selama 27 menit dalam sekali pengisian.

Drone ini menggunakan GPS dan GLONASS untuk mengetahui posisi penerbangan. Xiaomi juga membekali Mi Drone dengan sistem pemetaan visual di bagian bawah. Sistem tersebut memungkinkan drone tetap stabil meskipun terbang rendah di lokasi yang tak mendapat sinyal satelit.

Dalam paket standar yang diberikan, Mi Drone juga memiliki mode penerbangan otomatis, mulai dari penerbangan, pendaratan, kembali ke rumah, waypoint navigation, dan orbit. Mi Drone juga memiliki kemampuan untuk membuat geofence yang membatasi pergerakannya.

Xiaomi menuturkan, drone dengan kemampuan video 1080 akan menjadi bagian dari aplikasi Mi Home yang mulai diperkenalkan pada 26 Mei 2016.

Sementara, drone berkemampuan 4K akan tersedia untuk kebutuhan uji coba melalui program open beta pada akhir Juli 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *