Video Pesawat Tanpa Awak Buatan Sony


Sony sudah mengatakan akan membuat drone komersil untuk segmen enterprise. Berikut video drone Sony yang bakal diproduksi.

Sony telah mengumumkan akan membuat pesawat tanpa awak (drone) untuk umum. Kini perusahaan elektronik Jepang itu merilis video drone apa yang bakal diproduksinya.

Ada dua drone yang dikutip Nextren dari The Verge, bakal diproduksi Sony, yaitu model AS-DT01-E dan AS-MCO1-P, huruf E dan P di akhir nama model berarti Eksperimental dan Prototipe.

Drone pertama, DT01-E terlihat mirip miniatur pesawat dengan sayap delta lebar di bagian atasnya, namun di tengah sayap itu terdapat baling-baling ganda sebagai motor utama.

Baling-baling itu bisa diubah arahnya, ke atas dan ke depan, sehingga memungkinkan drone tersebut memiliki kemampuan VTOL (vertical take off/landing), atau take off dan mendarat secara vertikal layaknya helikopter.

Kemampuan ini seperti dimiliki oleh jet tempur Inggris, Harrier, atau F35 Lightning buatan Lockheed Martin, AS.

DT01-E diklaim Sony memiliki kemampuan mengangkut beban seberat 10 kg dan waktu terbang selama dua jam dengan kecepatan maksimum 296 km per jam.

Sementara drone model AS-MC01-P lebih menyerupai drone quadcopter (empat baling-baling) seperti pada umumnya.Drone ini lebih kecil dan ringan dibanidngkan dengan model satunya tadi. Terdapat kamera, GPS, sistem navigasi.

Aerosense, perusahaan produsen robot yang digandeng oleh Sony, tidak menyebutkan apakah dua drone tersebut memiliki fitur yang sama atau berbeda dengan fungsi yang berbeda pula.

Sony membuat drone untuk pasar enterprise atau perusahaan-perusahaan besar dengan melengkapi drone-nya dengan kamera, fitur telekomunikasi, serta teknologi robot untuk memproses foto udara yang bisa diproses di cloud.

sumber: kompas.com

Tags: , , , ,