Inilah Tips Merawat Drone Agar Berumur Panjang


Ketua Harian Asosiasi Penerbangan Pilot Drone Indonesia alias APDI, Fajar Yusuf, memberikan tips seputar perawatan Drone atau pesawat tanpa awak yang belakangan marak digunakan. Berikut cara sederhana agar pesawat Drone berumur panjang dan tetapi bisa digunakan optimal.

Pesawat Drone

“Hal penting pertama yang perlu diperhatikan untuk dalam rangka merawat drone mengenai penggunaan baterai. Apabila tidak menggunakan jangka waktu lama, semisal dua minggu, sisakan 50 persen kapasitas baterainya,” ucap Fajar kepada Okezone belum lama ini.

Jika drone sedang Anda gunakan, usahakan sisakan kapasitas baterai minimal 30 persen. Sehingga sebaiknya Anda mengunakannya sebanyak 70 persen untuk terbang.

“Jadi semisal baterai drone yang sedang Anda terbangkan, setelah baterainya terpakai sebanyak 70 persen, segera landing-kan pesawat itu,” papar Fajar.

Selain itu, perhatikan juga baling-balingnya, apakah ada yang retak. Perlu diketahui pula, Fajar menegaskan, baling-baling drone ini sangat berbahaya apabila sampai terkena tangan.

“Saat bermain drone aspek keamanan ini sangat penting, terutama perhatikan jangan sampai baling-balingnya mengenai tangan siapapun, karena bisa langsung mengoyak kulit cukup dalam,” ungkap Fajar mewanti-wanti.

Kemudian juga, lihat juga dari sisi fisiknya, seperti frame apakah ada yang patah atau bengkok. Jika ada harus segera diperbaiki. Tengok juga bagian motor, jangan sampai keset, bila demikian harus segera dibersihkan agar baling-baling bisa berputar dengan baik.

sumber: okezone.com

Tags: , ,