Inilah Spesifikasi & Harga Drone


Hexacopter TarotSeiring dengan mulai maraknya penggunaan teknologi pesawat tanpa awak atau drone di Indonesia. Pesawat UAV tersebut digunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari hiburan sederhana hingga pekerjaan profesional.

Ketua Harian Asosiasi Penerbangan Pilot Drone Indonesia alias APDI, Fajar Yusuf, mengatakan drone terdiri dari berbagai macam jenis, utamanya dilihat dari jumlah copter atau baling-baling yang dimilikinya dan bentuknya.

“Ada tiga jenis drone yakni fix wing seperti pesawat terbang, multicopter, dan yang bentuknya seperti helicopter,” ujar Fajar kepada Okezone saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Fajar mengatakan, untuk sekarang ini model yang sedang booming adalah yang berjenis multicopter, yakni terdiri dari dua hingga delapan baling-baling. Drone tersebut, menurut Fajar, adalah jenis pesawat Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang paling digunakan oleh orang.

Agar bisa mengangkat beban lebih baik dan stabil, ujar Fajar, drone yang memiliki jumlah copter yang banyak sangat dianjurkan. Minimal kata Fajar, drone dengan empat copter sudah dapat diandalkan untuk keperluan seperti mengambil gambar di udara dengan baik.

Spesifikasi & Harga Drone

Lebih jauh Fajar mengatakan, drone juga memiliki spesifikasi dan harga yang beragam. Untuk produk dengan spesifikasi yang sudah jadi, ada yang ditawarkan dengan harga Rp10 juta ke atas, drone tersebut telah bisa digunakan untuk mengambil foto dan video di udara dengan mumpuni.

Tetapi jika ingin lebih murah, pengguna juga dapat merakitnya sendiri, mulai dari harga Rp7 juta. Kemampuan terbangnya pun beragam. Drone yang didesain dengan baik, ucap Fajar, mampu terbang hingga ketinggian lebih dari 1 kilometer.

“Bicara harga, sebenarnya itu sangat relatif, sebab ada beberapa merek drone yang ditawarkan dengan harga Rp40-100 juta. Selain harga ada yang lebih penting dari itu, yakni faktor pengendalinya,” kata Fajar lagi.

Diutarakan Fajar, seiring dengan mulai maraknya penggunaan drone di Indonesia, diharapkan para pengguna dapat menggunakan pesawat tanpa awak tersebut dengan bijak.

“Pemerintah telah menerapkan aturan penerbangan drone, sehingga pengguna harus mematuhi hal itu, sekaligus juga kepentingan pribadinya bisa terpenuhi tanpa mengganggu kepentingan umum yang lebih besar,” pungkas Fajar.

sumber: okezone.com

Tags: , ,