Inilah Sanksi Pidana Jika Drone Terbang di Atas 150 Meter


Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 mengatur banyak hal soal pengoperasian drone. Salah satunya tidak boleh terbang di atas 150 meter. Sanksi bagi yang melanggar pun siap menanti.

“Sanksi yang mengatur itu ada, masih disusun, akan dikeluarkan segera,” kata Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan J.A Barata saat dihubungi.

Sanksi Pidana Drone

Di dalam aturan ini, memang belum ada sanksi tegas yang ditulis bagi para pelanggar. PM ini hanya mewanti-wanti, para pelanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Tapi jika nanti dimanfaatkan untuk kejahatan, akan kena aturan pidananya dong,” sambung Barata.

12 Mei lalu, Menteri Ignasius Jonan menerbitkan aturan penggunaan pesawat tanpa awak (drone). Dirjen Perhubungan Udara pun sudah ditunjuk untuk pengawasan pelaksanaan peraturan ini.

Drone tidak bisa dioperasikan pada kawasan dengan kategori prohibited area, restricted area dan kawasan keselamatan operasi penerbangan sebuah bandara. Termasuk tidak boleh diterbangkan di atas ketinggian 150 meter.

Drone baru boleh terbang di atas 150 meter jika untuk kepentingan pemerintah, namun harus seiizin Dirjen Perhubungan Udara. Izin yang disampaikan pun harus memuat banyak identitas, termasuk flight plan. Drone juga tidak boleh sembarangan memotret atau memfilmkan sebuah wilayah tanpa ada izin dari instansi berwenang.

sumber: detik.com

Tags: , ,